Wisata Bandung - Rental Mobil Bandung & Sewa Mobil di Bandung Murah

Rental Mobil Bandung

web TCS icon
TCS Stripes
RENTAL CAR TCS
GOOD CAR.GOOD DRIVER.GOOD PRICE
RENTAL MOBIL BANDUNG
RENTAL CAR TCS
GOOD CAR. GOOD DRIVER. GOOD PRICE
RENTAL CAR TCS
GGOD CAR . GOOD DRIVER . GOOD PRICE

Sewa Mobil di Bandung

Go to content

Taman Tematik di Bandung

Rental Mobil di Bandung Murah & Sewa Mobil Bandung
Taman Tematik di Bandung
Menuju Kota Seribu Taman, ruang-ruang terbuka hijau baru kian subur bermunculan di siantero Kota Kembang. Taman merupakan salah satu tempat yang bisa dijadikan alternatif untuk menghabiskan akhir pekan. Kalo lagi berkunjung ke Bandung kamu bisa menemukan banyak taman unik yang dibuat secara tematik. Untuk menarik pengunjung yang berwisata kesini.
Taman Tematik di Bandung
Ada beberapa Taman Tematik yang terkenal di bandung seperti di dalam Area kawasan Pemerintah Kota Bandung terdapat beberapa taman sekaligus seperti Taman Balai Kota, Taman Badak, Taman Dewi Sartika, Taman Labirin, Taman Sejarah. Kemudian diluar itu terdapat juga banyak taman bertebaran di Kota Bandung seperti Taman Alun-alun regol, Taman Cicendo, Taman Film, Taman Foto, Taman Lansia, Taman Teras Cikapundung, Taman Lansia, Taman Cicendo

Taman Balai Kota
Taman-taman unik ini diantaranya adalah Taman Balaikota.
Taman Balai Kota

Banyak Akses Masuk
Taman yang terletak masih di area Kantor Pemerintah Kota Bandung ini selintas memang tetap sama seperti taman pada umumnya. Tapi ada yang beda dari Taman Balaikota. Banyak akses masuk ke Taman Balaikota.
Pemerintah Kota Bandung

Tampil makin elok
Tampil makin elok menawan, taman juga lengkap dengan fasilitas jaringan internet nirkabel gratis. Sudut hijau ini pun menjadi tujuan warga untuk sejenak bertandang segarkan pikiran, dan sosialisasi.
Sudut Hijau Taman Balai Kota

Gembok Cinta
Buat kamu yang memiliki pasangan bisa mencoba gembok cinta yang setiap gemboknya berisikan nama pasangan masing-masing dan digembok di tempat ini maka cinta mereka akan terus bersatu.
Gembok Cinta


Taman Labirin
Selain murah meriah, bersih dan sejuk ada salah satu hal yan menjadikan warga berwisata ke tempat ini. Yaitu satu wahana yang menghadirkan sensasi lain dengan adanya labirin di taman ini. Labirin ini memang benar-benar menjadi daya tarik tersendiri. Menantang warga untuk mencari jalan untuk keluar dari Labirin.
Taman Labirin


Spot Foto
Selain itu wahana ini pun sudut spot favorit warga untuk berswafoto.
Taman Labirin


Taman Sejarah
Dengan keberadaan Labirin ini menjadi suatu langkah Pemerintah Kota Bandung untuk terus membuat ruang terbuka hijau yang masih kurang di Kota Bandung. Tak ketinggalan di kawasan Balaikota Bandung ini warga pun dapat liburan sambil belajar sejarah di tengah kota. Dengan melihat sejumlah informasi mengenai sejarah singkat Kota Bandung. Salah satunya mengenal perjalanan pemerintahan Kota Bandung melalui dokumentasi Walikota yang pernah memimpin di kota ini, yang diabadikan di Taman Sejarah. Warga pun disuguhi dengan ilmu pengetahuan yang dikemas secara menyenangkan.   
Taman Sejarah

Taman Badak dan Taman Dewi Sartika
Taman yang masih dalam lingkungan Balai Kota tersebut dilengkapi dengan sarana permainan dan edukasi, bahkan ada juga kebun binatang mini.  Pemerintah Kota Bandung terus memanjakan warganya agar dapat menikmati ruang terbuka hijau dengan beragam fasilitas secara cuma-cuma. kali ini kawasan plaza Kota Bandung kembali dimanfaatkan menjadi taman yang diberi nama Taman Badak dan Taman Dewi Sartika.
Taman Badak

Area Permainan Anak
Taman yang berlokasi di pusat lingkungan Pemerintah Kota Bandung tersebut dilengkapi dengan fasilitas menarik, mulai dari fasilitas seperti area permainan anak
Area Permainan Anak taman dewi sartika

fasilitas air mancur
air mancur taman badak

fasilitas air minum gratis
air minum gratis

Kolam Air Dangkal
dan fasilitas kolam air dangkal yang bisa dimanfaatkan anak - anak bermain air
Kolam Air dangkal Taman Badak

Kebon Binatang Mini
Yang lebih menarik lagi di salah satu sudut taman terdapat beberapa koleksi satwa layaknya kebon binatang mini. Mulai dari beragam jenis burung, Kalkun,
Kalkun Taman Dewi Sartika

Kandang Kelinci
Kelinci Taman Dewi Sartika

Bahkan dalam waktu dekat Pemerintah Kota Bandung akan mendatangkan beberapa ekor rusa sumbangan dari kebon binatang Taman Sari bandung.

Bus Bandros
Tidak hanya itu lokasi Taman Badak dan Taman Dewi Sartika ini dijadikan terminal moda transportasi Bandung Tour on Bus atau yang disebut Bus Bandros. Sekitar ada 12 Bus Bandros yang hadir disini akan berlalu-lalang mengitari Kota Bandung.
Bandung Tour on Bus Bandros

Beraneka Satwa
2 Taman Tematik ini disambut warga Bandung, selain menjadi tempat hiburan gratis Keberadaan aneka satwa ini di tempat ini sekaligus dapat mengedukasi anak-anak untuk lebih mengenal jenis-jenis fauna meski jumlahnya masih terbatas.
Kandang Fauna

Taman Film
Ada lagi namanya Taman Film Bandung, taman yang berlokasi di bawah jembatan Pasopati Bandung ini merupakan sarana para komunitas para sineas Kota Bandung. Sebagai yang pertama di Indonesia Taman yang dilengkapi Big Screen ini, biasa digunakan para sineas Kota Bandung yang ingin mempromosikan karya-karya mereka.
Taman Film

Hiburan Gratis bagi Warga Bandung dan Wisatawan
Taman yang diresmikan pada bulan September 2014 ini digagas oleh Walikota Bandung saat itu bernama Ridwan Kamil, yang berjejeran dengan Taman Jomblo dan Taman Skate Park. Dijadikan hiburan gratis bagi warga Bandung dan wisatawan.
Rumput Sintesis Taman Film

Amphitheater
Lahan yang mempunyai luas 1300 meter persegi ini, disediakan videotron berukuran Luas 4 x 8 meter ini, mempunyai daya listrik 33000 watt. Untuk bangunan taman ini dirancang menjadi ampitheater dengan penggabungan pengganti tempat duduk yang terbuat dari beton berbentuk Terasiring, serta rumput sintetis yang nyaman untuk kapasitas 500 orang penonton. Taman ini selalu dipadati oleh warga bandung atau wisatawan luar bandung. Pada setiap sore hari penonton disuguhi film-film terbaik. Dan Taman Film ini menjadi wadah untuk nonton bareng apabila pertandingan Persib berlangsung. Selain untuk menonton film, taman ini kerap dijadikan arena berkumpul teman maupun keluarga. Siapapun tidak dipungut biaya untuk datang ke taman ini.  
Tempat duduk beton bentuk Terasiring


Taman Foto
Taman adalah sebuah tempat yang digunakan untuk kesenangan berfoto yang dijaga keberadaannya. Taman ini juga bisa menjadi suatu tempat yang bisa dijadikan alternatif untuk menghabiskan akhir pekan.  Taman yang diseresmikan oleh Walikota Bandung pada bulan September 2013 ini, berlokasinya di jalan anggrek bandung. Taman ini memiliki keunikan tersendiri dengan huruf C yang sangat besar. Buat kamu yang suka dengan hobi fotografi bisa berkunjung di taman ini.

Disini dapat untuk Hunting foto
Hunting Foto di Taman Foto

buat hp pake wifi gratis
free wifi Taman foto

atau sekedar buat duduk santai
tempat duduk Taman Foto

dan arena bermain untuk anak-anak
Arena Bermain Anak

Diaktivasi dari Komunitas Fotografi
Taman foto Bandung adalah taman yang diaktivasi oleh seluruh komunitas fotografi dan warga Bandung. Jadi untuk memamerkan hasil fotografi tidak selalu di ruangan tertutup, di Taman Foto ini juga bisa. Tak hanya untuk pecinta fotografi saja, semua yang berkunjung ke Bandung juga bisa kesini.
Taman Foto Bandung

Taman Super hero
Salah satu dari beberapa Taman Tematik yang sukses dicanangkan oleh Walikota Bandung Ridwan Kamil, mampu menarik perhatian warga Kota Bandung yaitu Taman Super Hero. Berisi tokoh - tokoh superhero. Mempunyai luas 600 meter persegi ini terbilang nyaman karena banyak pohon yang melindungi dari paparan sinar matahari.
Taman Super Hero

Patung Gatot Kaca
Taman yang terletak diantara Jalan Bengawan dan Jalan Anggrek ini memajang beberapa patung replika super hero salah satunya Gatot Kaca yang tubuhnya terbuat dari potongan logam yang tidak terpakai, dengan berat ratusan kilogram ini merupakan karya seni rupa ternama di Kota Bandung.
Gatot Kaca Taman Super Hero

Patung Spiderman
Selain Gatot kaca di taman ini ada super hero lainnya diantaranya spiderman
Spiderman Taman Super Hero

Patung Superman
Superman Taman Super Hero

Ironman
Ironman Taman Super Hero

batman
Batman Taman Super Hero

dan super hero lokal bernama Gundala putera petir
aGundala Taman Super Hero

Ayunan
Tak hanya itu di taman ini juga disediakan fasilitas bermain anak seperti ayunan
Ayunan Taman Super Hero

Bola Tangga
Bola Tangga Taman Super Hero

Seluncuran
Perosotan Taman Super Hero

jungkat-jungkit
Jungkat-Jungkit Taman Super Hero

Jaring Ikan
Jaring Ikan Taman Super Hero

Berkuda
Berkuda Taman Super Hero

ada juga yan memakai Kostum Anime
Kostum Anime Taman Super Hero

Banyak PKL
Ada juga pedagang PKL yang berjajar sepanjang jalan Anggrek dan Jalan Bengawan
Pedagang PKL Taman Super Hero


Taman Pramuka
Taman Pramuka juga tampil baru makin segar dan bersih. Tepat di seberang jalan terdapat Lambang Pramuka yaitu Buah Kelapa yang telah bertunas.
Lambang Pramuka

Sejumlah unggas berkeliaran bebas disudut-sudutnya
Taman Pramuka

Tempat Berkumpul
Bentang teduh seluas 3000 meter persegi kini menjadi tempat favorit siswa sekolah dan pemuda berkumpul untuk belajar bersama.
Kegiatan Taman Pramuka

Gedung Serbaguna
Banyak kegiatan Pramuka disini dan mempunyai gedung sebagai tempat berkegiatan di dalam ruangan.
Gedung Taman Pramuka


Pet Park & Pet Park Dog Community
Dan di perempatan Jalan Cisangkuy dan Jalan Cilaki, merupakan ruang terbuka hijau yang hadir menjadi area publik bagi warga Bandung dan hewan kesayangannya untuk berolahraga sambil bersosialisasi dengan pecinta hewan lainnya di taman ini.

Sebuah Taman Tematik bernama Pet Park, dari hewan anjing,
Anjing Pet Park

kucing
Kucing Pet Park

sampe ayam
Ayam Pet Park

Ruang interaksi sesama pecinta satwa
Bersama para pemiliknya tentu semua berkumpul disini. Karena taman yang satu ini berfungsi sebagai ruang interaksi antara warga dan hewan peliharaannya dan dengan sesama pecinta satwa. Sesuai tempat dan fungsinya taman yang bernama Bandung Pet Park, terbentang sepanjang hampir 1000 meter persegi.

Lengkap dengan berbagai fasilitas untuk hewan peliharaan seperti arena jogging,
Arena Jogging Pet Park

sarana ketangkasan
Sarana Ketangkasan Pet Park

hingga toilet khusus hewan
Toilet Hewan Pet Park

Bahkan terdapat patung yang unik menyerupai manusia dan anjing peliharaanya
Patung Manusia dan Anjing

Tempat Berlatih Hewan Peliharaan
Dibuka pada bulan oktober tahun 2015 taman hadir sebagai jawaban. Bagi pemilik yang bingung untuk kemana satwanya jalan-jalan, juga dari ketidaknyamanan, atau ketakutan warga lain akan hadirnya hewan peliharaan di area publik atau taman kota. Terbuka bagi siapa saja namun bagi pengunjungnya tetap saja ada sejumlah aturan. Banyak pemilik anjing datang ke bandung Pet Park supaya berlatih dengan pemilik anjing lainnya dapat menimba ilmu cara melatih anjing.
Melatih anjing Pet Park

Wajib Membersihkan dan Mengambil Kotoran Hewan Peliharaan
Dahulu warga sekitar sempat menolak akan keberadaan pet park tapi dengan berbagai kesepakatan akhirnya proyek berjalan diantaranya berpagar dan tidak melekat ke pemukiman warga. Misalnya belasan anjing bersiap untuk berkumpul untuk pet walk atau jalan-jalan. Di waktu weekend pet walk dimulai dari pet park di daerah Cilaki hingga Gedung Sate di jalan Diponegoro Bandung, kira-kira jarak tempuhnya 1,2 kilometer. Pet Walk merupakan salah satu kegiatan Dog Community Bandung merupakan komunitas pecinta anjing di Kota Kembang. Apapun ras anjing besar atau kecil, boleh ikut kegiatan ini yang penting anjingnya sehat, tidak dalam masa kawin, dan setiap pemilik mau membersihkan kotoran anjingnya. Karena itulah setiap pemilik harus membawa plastik agar tidak mengotori jalan.
Mengambil Kotoran anjing Pet Park

Menyalurkan energi Hewan Peliharaan, Bersosialisasi, Beradaptasi dengan Lingkungan
Tak sekedar jalan-jalan, Pet Walk juga bertujuan menyalurkan energi sang anjing. Karena dengan jalan-jalan maka anjing bisa bersosialisasi sekaligus beradaptasi dengan lingkungannya, anjingpun akan bebas dari stress. Punya anjing dari berbagai ras menjadi keunikan bagi komunitas ini. Tak jarang mencuri perhatian masyarakat. Banyak Masyarakat ingin foto bareng dengan anjing-anjing mereka, alhasil anjing-anjing lucu ini jadi artis dadakan. tak hanya diperbolehkan berfoto dengan anjing mereka, kesempatan ini menjadikan ajang edukasi masyarakat tentang anjing.  

Alun-Alun Regol
Ada juga taman di jalan Pasirluyu Selatan Regol Kota Bandung ini, oleh Walikota Kota Bandung kembali meresmikan taman baru meresmikan Taman Alun-Alun Regol berada di bantaran sungai Cikapundung yang terbagi menjadi 2 zona yaitu zona natural dan zona urban.
Alun-Alun Regol

Zona Natural
Untuk zona natural ini hanya ada taman bunga yang dilengkapi dengan fasilitas gazebo, tempat duduk, serta pohon-pohon besar.
Taman Bunga Alun-alun Regol

Jembatan Pelangi
Sementara untuk dapat melintas menuju zona urban, pengunjung dapat melintas melalui jembatan warna-warni atau jembatan pelangi.
Jembatan Pelangi Alun-Alun Regol

Zona Urban
Di zona Urban terdapat banyak fasilitas terutama untuk anak-anak seperti 4 kolam bermain dan 2 kolam ikan.
Kolam ikan Alun-alun regol

Tak lupa fasilitas toilet yang bagus
Toilet

Kolam Anak Anak
kolam untuk anak-anak yang sangat panjang. Taman ini merupakan bagian dari taman alun-alun yang panjangnya mencapai 1 km.
Kolam anak

Taman Terpanjang
Taman terpanjang di kota Bandung itu diharapkan menjadi alternatif tujuan wisata arena bermain bagi anak-anak.  
arena bermain anak-anak

Lantai Colorful
Pemerintah membuat lantai Taman Regol begitu colorful lantainya membuat warga yang berkunjung mengaku senang dengan kehadiran taman alun-alun regol tersebut.
Taman Alun-Alun Regol

Taman yang Asri
Taman ini dibangun sebagai bagian dari revitalisasi sungai cikapundung, kawasan ini dulu dikenal sepi dan kumuh serta menjadi tempat pembuangan sampah. Taman dibuat sedemikian rupa begitu asri campuran seni, alam, dan modernisasi
Alun-Alun Regol

Taman Teras Cikapundung
Membentang dari Utara ke Selatan, membelah Kota Bandung inilah Sungai Cikapundung, anak aliran Citarum sepanjang 28 Kilometer ini sejak dulu sumber kehidupan bagi masyarakat di sepanjang wilayah aliran sungai. Seperti daerah Babakan Siliwangi, Cipaganti, Kelurahan Taman sari, dan Braga.
aliran sungai cikapundung

Revitalisasi Sungai Cikapundung
Dahulu bantaran Sungai Cikapundung dikenal dengan keasriannya dan berfungsi sebagai ruang terbuka hijau. Namun seiring berjalannya waktu Sungai Cikapundung tak seindah dulu, mulai dari keasrian, perubahan warna air, hingga volume air yang terus berkurang dari waktu ke waktu. Beruntung masyarakat kini, kian peduli dengan keberadaan Sungai Cikapundung. Revitalisasi Sungai Cikapundung dilakukan Pemerintah Kota Bandung, Balai Besar Wilayah Sungai Citarum, dan Dinas-Dinas terkait lainnya. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya sungai.
Revitalisasi Sungai Cikapundung

Dahulu Pemukiman pinggir sungai padat dan kumuh
Dahulu pemukiman yang padat dan kumuh sepanjang bantaran Sungai Cikapundung Babakan Siliwangi ini, disulap menjadi ruang publik nan indah dan tertata rapih. Proyek Sungai Cikapundung mulai dikerjakan tahun 2012 lalu dan selesai diakhir tahun 2015. Pengerjaannya sempat tertunda pada tahun 2013 karena alotnya negosiasi dengan warga bantaran Sungai Cikapundung yang akhirnya mau juga direlokasi ke Rumah Susun Sadang Serang Bandung.
Bantaran Sungai Cikapundung

Teras Cikapundung mempunyai fungsi sebagai ruang edukasi publik berkonsep Urban dan Ekologi.

Konsep Urban
Untuk konsep Urban Teras Cikapundung menjadi tempat berkumpulnya masyarakat hingga seniman di kota bandung. Beberapa karya dari Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung dipamerkan disini. Salah satunya patung 3 dimensi outdoor berbahan stainless steel yang dinamakan Cangkurileung hasil karya Pritha Fitria Natasha Bekti pada tahun 2015. Yang mempunyai makna jika burung Cangkurileung yang sulit ditemui ini pernah hidup di sekitar Sungai Cikapundung.
Cangkurileung Teras Cikapundung

Konsep Ekologi
Sedangkan konsep Ekologi adanya perpaduan dengan alam yang selama ini menjadi ciri khas Babakan Siliwangi. Dan air di beberapa fasilitas di Teras Cikapundung pun menggunakan mata air langsung, salah satunya untuk mengembang-biakkan beberapa ikan asli Sungai Cikapundung yang hampir punah. Pengunjung yang datang kesini bisa ikut memberi makan ikan lho.
Konsep Ekologi Teras Cikapundung

Aturan memberi makan Ikan
Ternyata di Teras Cikapundung ini ada beberapa aturannya. Salah satunya pengunjung bila memberi makan ikan tidak boleh dengan cara menebar tetapi harus dengan cara melempar dari atas ke bawah secara diagonal. Maksudnya agar ikan keatas untuk menangkap makanannya. Dan ternyata jika kondisi cuaca mendung atau hujan maka ikan-ikan disini tidak boleh diberi makan karena jika ikannya kekenyangan ikannya akan cenderung malas dan rentang terkena penyakit. Kolam ikan ini berfungsi juga sebagai karantina sebelum dilepas ke habitatnya di Sungai Cikapundung.
Memberi Makan Ikan Teras Cikapundung

Sawah Buatan
Sawah buatan juga akan ada di Teras Cikapundung, nantinya sawah buatan ini akan menjadi wisata sawah di tengah kota menjadi tempat wisata Urban Planing atau bertani dalam kota untuk anak-anak sekolah. Seru khan.
Sawah Buatan Teras Cikapundung

Jembatan Merah
Dan ini yang menjadi ciri khas Teras Cikapundung, Jembatan Merah penghubung diantara bantaran Sungai Cikapundung. Desain dan konsep Teras Cikapundung ini benar-benar dipersiapkan dengan matang. Tak heran revitalisasi Sungai Cikapundung menjadi proyek percontohan penanganan wilayah aliran Sungai Citarum.
Jembatan Merah Teras Cikapundung

Kualitas Air Sungai masih Progress
Tak lantas berpuas diri pembenahan pun terus dilakukan. Kalo progress secara fisik sudah 100 persen tapi untuk kualitas air masih dalam progress karena itu harus multi pihak artinya stake holder yang ada. Jadi bukan hanya perhatian Pemerintah Kota Bandung tetapi juga menjadi perhatian Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat. Karena kontribusi limbah seperti kotoran ternak sapi, pestisida dari pertanian. Itu memberi kontribusi kualitas air. Tak hanya infrastruktur dan aliran sungai saja, namun juga memberdayakan masyarakat. Lebih dari 50 komunitas revitalisasi berkontribusi di sungai terpanjang di Kota Bandung ini. Teras Cikapundung pun menjadi sarana komunitas berkegiatan.
Komunitas Revitalisasi Teras Cikapundung

Amphitheater
Sesuai dengan konsep Ekologi yang diusung, amphitheatre ini juga memperhatikan tata kelola lingkungan dengan baik. Di sekitar area ini dibuat sumur resapan dan ditanami pepohonan agar tetap hijau dan asri. Salah satu fasilitas di Teras Cikapundung yang tersedianya Ampitheater atau tempat pertunjukan. Dimana warga dapat menunjukan kreatifitas mereka dan nantinya akan disaksikan oleh warga Kota Bandung.
Amphitheatre Teras Cikapundung

Air Mancur Menari
Serupa dengan Alun Alun Bandung, lampu bertenaga surya juga berada disini untuk menerangi Teras Cikapundung di malam hari. Dan ini yang membedakan Teras Cikapundung saat siang di malam hari, yaitu air mancur menari atau Dancing Waterfall dikendalikan oleh operator dengan menggunakan program khusus maka air mancur, laser, dan asap akan mengikuti irama lagu. Gemerlap warna-warni taman membuat air mancur di Teras Cikapundung terlihat sangat indah. Air Mancur ini bisa disaksikan mulai jam 18.30 hingga jam 20.00  
Dancing Waterfall

Pemerintah menggelontorkan puluhan milliar rupiah untuk peremajaan dan perbaikan. Banyak taman-taman kota lain yang kian rupawan. Warga pun banyak pilihan untuk singgah dan bertandang.

Totalnya Kota Kembang ini memiliki 400 taman. 40 diantaranya akan dijadikan taman tematik. Tujuannya cinta bumi, perluas paru-paru kota dan hadirkan area-area terbuka yang nyaman untuk warga.

Gimana, seru khan taman-taman di Bandung jadi untuk weekend-an kalian bisa kesini bareng keluarga.  



2 comments
Average Vote: 125.0/5
Darma
2019-04-16 07:53:19
Tempat wisata gratis
Sandra
2019-04-15 09:15:00
Spot foto favorit Taman Labirin


Back to content