Wisata Bandung - Rental Mobil Bandung & Sewa Mobil di Bandung Murah

Rental Mobil Bandung

web TCS icon
TCS Stripes
RENTAL CAR TCS
GOOD CAR.GOOD DRIVER.GOOD PRICE
RENTAL MOBIL BANDUNG
RENTAL CAR TCS
GOOD CAR. GOOD DRIVER. GOOD PRICE
RENTAL CAR TCS
GGOD CAR . GOOD DRIVER . GOOD PRICE

Sewa Mobil di Bandung

Go to content

Tangkuban Perahu

Rental Mobil di Bandung Murah & Sewa Mobil Bandung
tangkuban parahu

Tangkuban Parahu

Menurut Mitos
Masyarakat modern mengatakan Legenda Tangkuban Parahu ( diartikan ke bahasa Indonesia adalah Legenda Perahu Terbalik ) adalah mitos. Tapi masyarakat Sunda sekitar sebagian masih percaya bahwa cerita Tangkuban Parahu adalah kejadian nyata yang diceritakan secara turun temurun.

Asal usul nama Tangkuban Parahu, bermula dari cerita rakyat Sunda bahwa alkisah jaman dahulu ada Ibu Ratu Dayang Sumbi dan anaknya bernama Sangkuriang. Anaknya tersebut sifatnya nakal, kemudian terjadi pertengkaran dengan Ibunya yang bernama Dayang Sumbi. Kemudian Sangkuriang lari ke hutan meninggalkan ibunya sampai sekitar 20 - 30 tahun lamanya dan banyak berguru yang berilmu sakti. Setelah selesai menuntaskan belajar ilmu kedigdayaan itu, Sangkuriang akhirnya berpetualang tanpa sengaja bertemu kembali dengan ibunya yang bernama Dayang Sumbi, yang akhirnya malah menjadi cinta pada ibunya. Sangkuriang menanyakan pada kakeknya yang merawatnya sejak dia kecil. Tanya Sangkuriang " Kek, itu ada perempuan cantiknya bukan main ". Kakeknya menjawab " Eh, jangan itu ibu kamu ".

sangkuriang

Tapi Sangkuriang tetap pada pendiriannya memaksa ingin menikahi ibunya tersebut.  Sangkuriang akhirnya melamar pada ibunya. Ibunya memberikan syarat yaitu membuat bendungan besar, membuat perahu raksasa sebelum ayam berkokok. Dayang Ibunya berpikir jangan sampai terjadi perkawinan Ibu dan Anak, akhirnya para Dayang membuat rencana untuk menggagalkan kisah yang terlarang ini. Usaha Sangkuriang akhirnya gagal karena sebelum pagi, ayam telah berkokok. Maka akhirnya tidak terjadi perkawinan sedarah tersebut. Sangkuriang marah besar dan memporak-porandakan hasil yang telah dicapai dengan membalikkan Perahu Besar dan menendangkannya ke atas gunung. Bendungan besar yang telah dibangunnya dihancurkan dan dibocorkan celah bendungannya agar airnya mengalir keluar. Sekian cerita Tangkuban Parahu.
pemandangan alam tangkuban parahu


Bentuk puncak Gunung seperti Perahu Terbalik
Bentuknya memang menyerupai perahu terbalik. Kalo mau datang kesini usahakan pakai baju tebal. Sebab udara disini dingin pisan. Karena sudah meletus beberapa kali. Gunung Tangkuban Parahu menghasilkan banyak kawah. 2 Kawah ini ramai sekali dikunjungi oleh wisatatawan dari penjuru dunia, yaitu Kawah Ratu dan Kawah Domas.
perahu terbalik

Destinasi wisata ini menampilkan dan menyajikan kealamian dan keindahan alam secara natural. Pada kawasan ini terdapat 3 Kawah yang terkenal, yaitu:

Kawah Ratu
Kawah Ratu yang paling populer karena pemandangannya yang menakjubkan. Bila dari atas memakai drone akan terlihat bentuk kawahnya begitu besar seperti mangkok. Kawah ini masih mengandung gas beracun yang berbahaya, sehingga para pengunjung dilarang untuk turun ke kawah tersebut. Namun Kawah Ratu merupakan Kawah tercantik dan indah yang ada di kawasan Tangkuban Perahu.
Kawah Ratu

Kawah Domas
Kawah Domas banyak kawah-kawah kecil bisa untuk berendam. Untuk kawah ini tidak seramai kawah Ratu, namun disini terdapat sumber air panas yang konon dapat menyempuhkan berbagai macam penyakit. Sembari menikmati pijatan luluran dengan lumpur vulkanik yang mengandung belerang dari warga setempat.
Kawah Domas

Kawah Upas
Kayu kayu pohon yang telah mati dan eksotisnya kawah, dapat anda nikmati di kawah Upas ini.
Kawah Upas


Banyak Wisatawan yang datang kesini
Gunung Tangkuban Parahu adanya di kabupaten Bandung Barat. Kalo dari Jakarta sekitar 3 jam sampe sini. Kabupaten Barat bertetangga dengan Kota Bandung, tapi soal ramenya nggak kalah.
banyak wisatawan yang datang


Toko Souvenir
Sebelum pengunjung berjalan menuju Kawah ratu. Di kanan kiri banyak sekali berjejer para pedagang yang menjajakan souvenir khas Tangkuban Parahu. Seperti bahan kayu yang berasal dari Tangkuban Parahu yang diolah menjadi asbak. Motif urat kayunya bagus sekali punya ciri khas. Tidak ada di tempat lain yang sama.
toko souvenir


Harga Tiket Masuk
Setiap hari Senin sampai hari Jumat harga tiket untuk Warga Lokal Rp.20.000 dan Warga Mancanegara Rp.200.000
Setiap hari Sabtu sampai hari Minggu harga tiket untuk Warga Lokal Rp.30.000 dan warga Mancanegara Rp.300.000

Karcis Parkir
Harga Parkir Sepeda untuk warga Lokal Rp.7000 dan warga mancanegara Rp.10.000
Harga Parkir Motor untuk warga Lokal Rp.12.000 dan warga mancanegara Rp.17.000
Harga Parkir Mobil untuk warga Lokal Rp.25.000 dan warga mancanegara Rp.35.000
Harga Parkir Bus: untuk warga Lokal Rp.110.000 dan warga mancanegara Rp.150.000

Jam Buka
Mulai Buka Jam 07:00 pagi sampai jam 17:00 sore

Lokasi
Jalan raya Tangkuban Perahu, Lembang, Ciater, Bandung, Jawa Barat



2 comments
Average Vote: 125.0/5
Setiawan
2019-04-21 09:28:06
Banyak pedagang souvenir
Tarman
2019-04-15 08:03:44
Salah satu gunung merapi di Bandung Utara


Back to content